Mengenal Ayam Aduan Bangkok Wido

Terjual Ayam Bangkok wido muda | KASKUS

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang mengenal ayam aduan bangkok wido. Ayam Pembunuh Wido atau biasa disebut Jalak Bangkok adalah istilah atau sebutan untuk ayam aduan dengan warna tertentu. Secara umum dapat dilihat dari bulu dan punggung rawis yang berwarna kuning keemasan.

Semua itu terjadi berawal dari adat dan budaya serta kepercayaan nenek moyang kita di masa lampau. Banyak cerita mistis yang tersebar di seluruh nusantara dan pada saat itu sabung ayam sudah menjadi tradisi sehingga terciptalah sebuah buku yang membahas tentang sabung ayam.

Nama suro sempat melegenda di nusantara tercinta ini, khususnya di kalangan pecinta sabung ayam. Suro adalah julukan untuk ayam wido pembunuh yang pernah menjadi pemenang saat itu. Pada masa kerajaan, agama leluhur kami mayoritas adalah Hindu, dan dalam agama Hindu ada istilah kasta atau pangkat. Disinilah warna ayam wido memiliki tingkatan kasta atau silsilah. Nenek moyang kita percaya bahwa ayam Suro bersifat mistis, sedangkan ayam Wido merupakan keturunan terakhir dari Katuranggan. Pasalnya hingga saat ini jenis ayam wido ini masih sangat dikenal dan digandrungi oleh para penggemarnya.

Ciri-ciri Ayam Wido Pembunuh

Secara garis besar ayam wido sangat mudah dikenali dari warna bulunya yang kuning keemasan. Pola kuning keemasan terletak di leher dan juga punggung, tetapi ini hanya untuk ayam jantan. Dari berbagai aliran yang ada di wido, ada sebagian masyarakat yang meyakini bahwa banyak makna yang terkandung di dalamnya, termasuk unsur mistis yang juga menjadi topik perbincangan yang sudah bukan rahasia lagi.

Ada kekuatan yang menyelimuti bulunya, namun tidak semua jenis ayam wido memiliki nilai mistis dan bisa menjadi pemenang. Karena pada dasarnya untuk menjadi pemenang di arena laga harus melalui beberapa tahapan latihan. Selain bulu, Wido juga memiliki tanda lain di sekujur tubuhnya, antara lain:

  • Hiasan jambul atau bulu dengan corak kuning menyerupai emas hampir menutupi seluruh tubuh bagian atas ayam dan bervariasi.
  • Gelambir atau jengger tidak terlalu besar memanjang ke belakang dan biasanya dibelah menjadi 3 bagian.
  • Keseluruhan dan rawis umumnya memiliki warna emas, hijau, putih dan batik.
  • Ada kemiripan dengan warna kuning cerah pada kuku, taji, belakang punggung, belakang leher, mata dan paruh.
  • Jika diperhatikan matanya seperti glowing, bersih, bening dan cerah.
  • Struktur tulang secara keseluruhan kokoh, lurus, kuat, panjang.
  • Memiliki warna putih mubal sulak pada ekornya.
  • Saat tumbuh, jejak membentuk kait berwarna cerah.

Dari semua ayam aduan yang ada, tipe Wido memiliki corak yang berbeda dengan yang lainnya. Dan itu adalah ciri khasnya yang tidak bisa diganti.

Jenis Ayam Wido

Jenis ayam wido ini sebenarnya memiliki beberapa varian warna dan hanya beberapa saja yang diyakini memiliki keunggulan mistis tersendiri. Di setiap daerah terdapat beberapa perbedaan pengucapan. Namun semua itu jangan dijadikan patokan untuk menentukan kualitas sebuah ayam aduan. Karena pada dasarnya ayam aduan yang berkualitas pasti sudah melalui beberapa tahapan perawatan dan pelatihan.

Berikut macam-macam jenis ayam wido yang dikenal di masyarakat :

1. Wido (Jalak Botol/Batu)

Ayam wido jenis ini banyak dikenal oleh para pembuat sabun, sebagian besar ayam wido memiliki corak yang sama. Motif ini juga biasa disebut Jalak Ijo Botol karena memiliki hiasan bulu berwarna hijau muda mengkilat seperti warna botol dan warna dasar hitam. Secara mental, jenis ayam wido yang memiliki jurus ini dipercaya memiliki keberanian yang luar biasa dan paling jaya di antara yang lainnya.

2. Ayam Wido (Jalak Asem)

Pada umumnya warna ayam Jalak Asem berwarna kuning, lebih ke arah coklat. Namun jenis ini sedikit peminatnya, baik karena warna maupun nilai estetikanya yang membuat peminatnya tidak banyak. Namun, Jalak Asem juga memiliki kemampuan yang bisa diadu dan serangan yang luar biasa, terutama dalam pecking grip, meski peminatnya lebih sedikit.

3. Wido (Jalak Emas)

Dari segi warna, Golden Starling memiliki garis tertua dan teratas. Sejak zaman dahulu, ayam wido warna ini menjadi populer bahkan sampai sekarang. Jalak emas dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya, sehingga banyak yang mencari jenis ayam wido killer ini dengan warna kuning kecoklatan dengan bulu overall hitam. Selain warna burung jalak emas, juga dipercaya memiliki keistimewaan yang terkadang muncul di saat-saat terakhir sebelum mengalahkan lawannya.

4. Ayam Wido (Jalak Kaisar/Geni)

Jalak Geni merupakan ayam langka yang jarang ditemui di berbagai daerah. Konon dulunya jalak kaisar atau biasa disebut jalak geni hanya ada di Thailand dan Vietnam. Untuk saat ini jalak kaisar masih jarang ditemukan di Indonesia karena tergolong ayam dengan warna yang langka, kalaupun ada, pemiliknya tidak mau menjualnya. Jika terpaksa dijual, jalak geni ini akan dihargai cukup mahal.

Selain keindahan bulunya yang langka, Emperor Starling dipercaya memiliki kekuatan mistis dan keistimewaan tersendiri pada kekuatan pukulannya yang dijuluki Nervous Fighting Cock. Bulu dasar ayam ini memiliki banyak variasi, antara lain merah tua, hitam mengkilat, ada juga yang berwarna abu-abu dengan hiasan putih kekuningan.

5. Wido (Jalak Cempaka/Kaso)

Di arena sabung ayam Jalak Kaso yang terkenal cukup TOP. Secara umum Jalak Cempaka juga memiliki peminat yang cukup banyak, karena Jalak Cempaka digadang-gadang sebagai ayam suro yang memiliki daya bunuh tinggi. Kelemahan jalak cempaka biasanya pada permainannya yang tidak terkontrol dan sesak napas. Warna hitam mendominasi seluruh bagian tubuh dan balutan rawis pada tubuh bagian atas dengan corak putih cerah menjadi ciri khasnya.

6. Ayam Wido (Jalak Wangkas)

Wido wangkas merupakan gabungan dari beberapa warna. Biasanya terdiri dari 3-4 warna campuran yaitu kuning, putih, hitam dan merah, semua bulu pada ayam wangkas jalak. Saat ini sudah banyak peternak lokal yang membudidayakannya, sehingga dapat kalian jumpai di beberapa tempat khususnya di peternakan ayam aduan. Dipercaya bahwa nilai mistis dari Wangka Jalak terletak pada kakinya yang istimewa, yang bisa dikatakan memiliki kekuatan batin yang bisa keluar secara tiba-tiba. Sehingga menjadikannya pilihan favorit bagi mereka yang tahu.

Sekian penjelasan dari kami mengenal ayam aduan bangkok wido. Jika kalian ingin mendapatkan kemenangan jika bermain, untuk menambah penghasilan dan tidak mengalami kerugian. Untuk itu, kami merekomendasikan kalian gabung ke situs yang gacor dan minimal deposit rendah di Depo777.